Headline

Hati-hati dalam memilih Brand Ambassador

Bisnis dimana saja dan kapan saja?
Ingin Punya Bisnis Sendiri ? Bisnis yang bisa dijalankan oleh siapa saja, dari mana saja dan kapan saja?
bisnis.kmicenter.com
Pasang Iklan di Sini www.kmicenter.com Ingin Punya Bisnis Sendiri ? Bisnis yang bisa dijalankan oleh siapa saja, dari mana saja dan kapan saja? arrow
Ads by Google info

solusipedia.com – Kemarin (19/5/16), Netizen dikejutkan dengan salah satu posting-an yang menggunggah foto artikel dari koran yang terbit pada 15 Mei lalu, di mana foto tersebut memberitakan Isyana Sarasvati (IS) seorang penyanyi Indonesia.

Penyebabnya adalah IS sebagai duta toko online ternama membuat pernyataan ke salah satu media cetak Indonesia bahwa dia tidak pernah berbelanja melalui internet. Alasan takut berbelanja di internet adalah takut tertipu sehingga IS lebih memilih berbelanja langsung secara fisik.

Memang muncul klarifikasi dari IS melalui Twitter pribadi yang menyatakan bahwa dia memang tidak berani belanja online, kalau bukan di toko online tempat dia menjadi duta merek.

klarifikasi isyana lewat twitter  Hati-hati dalam memilih Brand Ambassador solusipedia cerdas memilih brand ambassador

Klarifikasi tersebut ternyata bukannya memadamkan komunikasi negatif malah justru menyulut masalah lainnya. IS diketahui mencuit menggunakan ponsel merek ternama Amerika Serikat, padahal dia sedang menjadi duta merek ponsel asal China.

klarifikasi isyana lewat twitter  Hati-hati dalam memilih Brand Ambassador solusipedia tweet isyana

Dalam tweet tersebut, terdapat keterangan bahwa Isyana menulis tweet dari iPhone, selang beberapa jam kemudian, dia langsung menghapus tweet tadi dan men-tweet ulang menggunakan aplikasi Twitter for Android.

Usai posting tweet tersebut, IS kemudian menjadi bulan-bulanan dan segala kesalahan masa lalunya yang berkenaan dengan merek kembali diungkit oleh Netizen. Mulai dari urusan unggah foto yang ngakunya pribadi, ternyata hasil jepretan foto populer yang sudah beredar lebih dulu di internet. Kejadian tersebut ternyata sudah terjadi lebih dari sekali.

Kasus mengenai mengunggah konten ke internet menggunakan merek ponsel ternama Amerika Serikat dan bukannya merek China yang dia dijadikan duta merek ternyata juga pernah terjadi sebelumnya.

unggahan isyana lewat twitter  Hati-hati dalam memilih Brand Ambassador solusipedia salah pilih duta merek

Solusipediaku pastinya tau dong dengan sabun Lux, PT Unilever Indonesia. Lux selalu memilih brand ambassador perempuan yang memiliki karakter elegan dan cantik. Misalkan Mariana Renata, Nadya Hutagalung, Bella Saphira, Christine Hakim, Desy Ratnasari, Atiqah Hasiholan, Dian Sastrowardoyo, Tamara Bleszynski, Luna Maya, dan Sophia Latjuba. Brand ambassador yang dipilih dari tahun ke tahun, diharapkan dapat menguatkan produk Lux sebagai sabun kecantikan bagi perempuan yang dapat membuat kulit cerah dan lembut.

Sayangnya, Luna Maya diberhentikan menjadi ambassador Lux, karena skandal sex-nya bersama Ariel. Tak hanya Luna Maya, yang dipecat menjadi ambassador suatu produk. Ada beberapa kasus lain yang terjadi dengan produk luar negeri, seperti Rihanna yang dipecat menjadi brand ambassador Nivea, karena perilakunya yang tidak lagi cocok dengan brand personality Nivea. Ada pula Sharon Stone yang dipecat dari brand ambassador Christian Dior, karena mengatakan bahwa gempa yang terjadi di Cina akibat karma karena bertindak jahat pada rakyat Tibet.

Pelajaran yang dapat dipetik dari kasus-kasus tersebut adalah, jangan asal dalam memilih duta merek!

Memilih seorang duta merek tidak bisa sekedar populer, banyak penggemar, atau memiliki banyak pengikut. Pilihlah duta merek yang bisa membuat biaya marketing yang sudah dikeluarkan memberikan imbal hasil positif dan berlipat ganda. Hindari duta merek yang sekedar membuat balik modal atau justru memberi hasil negatif.

Karakter kunci duta merek bernilai

Meningkatkan sorotan positif merek adalah proses yang lama, pelan, dan intens, apalagi jika dilakukan sendiri sedari awal. Meminta bantuan pihak lain bukan hal ilegal dan menunjuk seorang duta merek adalah satu contoh mempercepat peningkatan sorotan positif terhadap merek. Duta merek memiliki tugas membantu bisnis dan merek kita lebih dikenal pelanggan dan mitra kunci dalam berbagai acara formal dan informal. Keberadaan duta merek membantu pelanggan kita menciptakan asosiasi dan identifikasi merek.

Tugas dan kewajiban duta merek menyebabkan pencarian duta merek yang tepat bukan hal mudah. Masalah menentukan tokoh duta merek yang tepat lalu muncul. Memilih duta merek yang tepat adalah faktor esensial dan krusial yang mampu mendorong atau malah, menjatuhkan kampanye marketing yang sedang dibangun. Sekedar populer jelas cara salah dalam memilih duta merek.

Lantas, apa sebenarnya itu brand ambassador?

Dalam bahasa Indonesia disebut dengan Duta Merek. Duta merek merupakan istilah pemasaran untuk seseorang seseorang atau grup yang dipekerjakan dengan dikontrak oleh sebuah organisasi atau perusahaan untuk mempromosikan suatu merek dalam bentuk produk atau jasa. (wikipedia.com)

Brand ambassador tidak harus berasal dari dunia artis saja. Hal ini telah dilakukan oleh Nivea di tahun 2011, dengan memilih Mesty Ariotedjo. Seorang dokter yang multitalenta di bidang musik, aktif di kegiatan sosial dan menjadi duta anti rokok untuk Yayasan Jantung Indonesia, duta Yayasan Musik dan Sastra Indonesia.

Memilih seorang duta merek tidak bisa sekadar karena kepopuleran, banyak penggemar, atau memiliki banyak pengikut. Pilihlah duta merek yang bisa membuat biaya marketing yang sudah dikeluarkan memberikan imbal hasil positif dan berlipat ganda. Hindari duta merek yang sekadar membuat balik modal atau justru memberi hasil negatif.

Trus, Apa yang harus dilakukan dan tidak boleh dilakukan oleh seorang brand ambassador?

Brand ambassador harus mengikuti berbagai event yang diadakan perusahaan, menjadi juru bicara untuk acara-acara yang berhubungan dengan marketing, termasuk seminar. Ambassador dituntut aktif di media sosial yang banyak digunakan oleh masyarakat seperti Facebook, Instagram,Twitter, bahkan lebih baik jika ambassador bisa menulis di blog. Dalam kontrak juga biasanya tertulis, bahwa brand ambassador tidak boleh menggunakan produk buatan pesaing, berbicara, dan menulis hal yang negatif tentang produk.

Bagaimana memilih brand ambassador?

Brand ambassador (BA) harus memiliki pengalaman terkait produk yang ia jual. Seperti yang dibahas di atas, bahwa BA biasanya datang ke acara-acara yang diselenggarakan oleh perusahaan, dan akan bertemu dengan orang-orang langsung. Pengalaman langsung dari BA, akan memberikan pengaruh yang positif kepada customer.

Secara tidak langsung brand ambassador merupakan representatif dari perusahaan. Brand ambassador harus mengetahui product knowledge perusahaan tersebut dan inovatif dalam memasarkan produk. Smartpayer ingin menjadi brand ambassador? Siapkan diri ya, karena menjadi BA harus selalu memberikan saran yang berguna untuk mendekatkan diri kepada customer.

Berikut ini enam ciri yang harus dipenuhi duta merek bernilai:

Pertama, pemahaman dan penghargaan terhadap ilmu marketing.
Duta merek yang kita pilih tidak harus memiliki latar belakang pendidikan pemasaran. Namun mereka harus memiliki pemahaman ilmu marketing, yang berarti memahami bahwa dalam proses marketing, kita harus berorientasi kepada pelanggan dan memahami kebutuhah mereka. Akan lebih baik lagi jika duta merek yang kita pilih memang memahami ilmu marketing secara akademis dan professional, mulai dari marketing konvensional hingga digital marketing.

Kedua, profil pribadi yang mudah ditelusuri di internet.
Kini kita hidup di era digital tempat segala sesuatu dicek dengan bantuan situs penelusur. Maka, memilih duta merek yang memiliki posisi kuat di dunia internet adalah keniscayaan. Akan menjadi hal bodoh jika kita memilih duta merek, namun saat mengetik namanya di situs penelusur memberikan hasil yang sangat minim.

Keberadaan profil duta merek yang kuat di internet juga menjadi syarat awal terciptanya getok tular. Duta merek dengan popularitas internet yang baik mampu menjangkau sebanyak mungkin audiens merek kita dalam lintas platform dank anal.

Ketiga, profesionalisme tingkat tinggi.
Meski duta merek yang kita pilih dikontrak bukan untuk menjadi karyawan atau karyawati perusahaan, bukan berarti mereka bisa bersikap seenaknya. Ingat bahwa duta merek mewakili merek kita. Menjadi duta merek berarti membicarakan merek kita, perusahaan kita, mendorong audiens, pelanggan, dan orang lain untuk mencoba dan mengonsumsi produk kita, serta memengaruhi khalayak luas memberikan sentiment positif kepada merek kita.

Kalau seorang duta merek mempermalukan diri mereka sendiri atau merek yang mereka usung, berarti dia memang tidak pantas menjadi duta merek kita.

Empat, gairah membangun dan menjaga hubungan.
Duta merek bukan wiraniaga yang pergi mengunjungi sebanyak mungkin pintu untuk menciptakan penjualan setinggi mungkin. Duta merek ada dengan tujuan memupuk hubungan jangka panjang yang kuat dan berakar dalam dengan para pelanggan merek kita. Duta merek kita bukan hanya sekedar bergairah saat menggunakan merek kita, dia juga harus familiar dengan produk kita.

Duta merek harus memahami, menggunakan, dan memiliki keterampilan mendalam saat menggunakan produk kita, baik di saat formal dan informal.

Lima, ciri pemimpin.
Coba nalar baik-baik saat kita mencari seorang pemberi rekomendasi. Syarat yang kita cari adalah pakar dalam bidang tertentu, sekaligus memancarkan kepercayaan diri, dan aura positif pada bidang tersebut. Hal-hal tersebut menunjukkan ciri-ciri seorang pemimpin. Ciri-ciri seseorang yang membuat orang lain tertarik untuk mendekat dan mendengar ucapannya. Inilah orang yang cocok kita jadikan sebagai duta merek.

Keenam, kemampuan mendengar masukan sekaligus memberi masukan.
Seorang duta merek bernilai mampu mengumpulkan masukan-masukan berbasis kegiatan lapangan dan pengalaman dia dengan produk kita. Masukan-masukan tersebut diperoleh dari komunikasi dengan para pelanggan, mitra usaha, dan kompetitor kita. Informasi ini bisa memberikan kita masukan kritis yang berguna dalam menajamkan program marketing.

Other Brand Ambassador (OBA) Salah satu cara yang efektif memasarkan produk

Brand Ambassador memang lebih mudah dalam pencariannya.Tapi, ada hal yang terkadang perusahaan tak menyadarinya untuk memasarkan produk. Ia berada di sekitar dan memiliki loyalitas tinggi untuk memasarkan produk tanpa terikat dengan kontrak.

Adalah karyawan perusahaan itu sendiri, keluarga karyawan, konsumen atau vendor-vendor yang berada di luar merek tapi memiliki kedekatan dengan merek, dan terakhir orang di luar merek, jarang berhubungan, tapi memiliki kesesuaian dengan brand value yang kita miliki.

OBA dianggap hal yang paling efektif untuk memasarkan produk, karena tidak mudah diendus oleh kompetitor.

Ketahuilah wahai para pemilik dan pengelola merek bahwasanya memilih duta merek itu tidak bisa asal populer.

Jadi, mana yang akan dipilih oleh Solusipediaku untuk memasarkan produknya?

We will be happy to hear your thoughts

Leave a reply

Konsultasi online 24 jam
Konsultasi online 24 jam
Hai Sobat KMI CENTER, Kami ada disini untuk membantu Menyelesaikan permasalahan Anda. Silahkan ketik Permasalahan Anda Dibawah ini :
Connecting...
Maaf Semua Operator kami sedang sibuk melayani Customer. Silahkan Coba Lagi nanti atau tinggalkan pesan.
Maaf Semua Operator kami sedang sibuk melayani Customer. Silahkan Coba Lagi nanti. Terima kasih.
:
:
:
Punya permasalahan Keuangan, Karir, Bisnis yang cukup pelik ataupun Pertanyaan seputar kmicenter ??? Ayo Konsultasikan sekarang.
:
:
Sesi Chat sudah Berakhir
Bagaimana Penilaian Anda mengenai kualitas pelayanan kami?
Sangat Puas Kurang Puas
KMI CENTER
Pendaftaran Akun Baru
Silahkan Registrasi terlebih dahulu

Reset Password
Compare items
  • Laptops (0)
  • Mobiles (0)
Compare
0

Send this to a friend

Hi, this may be interesting you: Hati-hati dalam memilih Brand Ambassador! This is the link: http://kmicenter.com/hati-hati-dalam-memilih-brand-ambassador